Klik Di Sini Untuk Join Komunitas Internet Marketing Terbaik

Jenis Daging Ini Direkomendasikan Untuk Sambut Ramadhan Dan Santapan Hari Raya Idul Fitri

| 11/05/2016 | 0 Comments

Rasanya sudah lama sekali bisnisruli.com tidak mengupdate tips maupun info. Nah berikut ada informasi bagi para pembaca sekalian tentang daging: Jenis Daging Ini Direkomendasikan Untuk Sambut Ramadhan Dan Santapan Hari Raya Idul Fitri.

 

Jenis Daging Ini Direkomendasikan Untuk Sambut Ramadhan Dan Santapan Hari Raya Idul Fitri

 

Bicara mengenai daging yang akan dikonsumsi atau diolah menjadi berbagai menu, maka tidak akan terlepas dengan spesifikasi yang muncul paska dilakukan pemotongan. Patut diketahui, bahwa di dunia Pejagalan modern ( atau istilahnya : batcher)  ada sekitar 15-17 jenis potongan daging sapi. Contoh, Di area Paha belakang ada 5 jenis potongan daging sapi, yakni : topside, silverside, knuckle, gandik dan rump. Sementara, kalau Tenderloin dan Sirloin tidak termasuk bagian paha belakang. Oleh karena itu, wajar jika tekstur dan serat daging nya lebih lembut.
Dikalangan  pedagang daging tradisional / pasar “becek”, istilah knuckle lebih dikenal dengan sebutan “daging kelapa”. Mengapa disebut daging kelapa? Karena bentuk potongan dagingnya yang agak bulat seperti kelapa.
Berhubung sebentar lagi Ramadhan, dan tentunya Hari Raya Idul Fitri, maka muncul pertanyaan, jenis daging apa yang pas untuk menyambut hari Raya (Lebaran) Idul Fitri 1437H/2016M? Berikut jenis daging yang direkomendasikan beserta spesifikasinya:
  1. Daging diambil dari area Paha Belakang
  2. Jenis potongan knuckle (daging kelapa) / inside.
Kenapa memilih jenis daging ini? berikut alasan lengkap spesikasinya
 
  1. Pilihan jenis daging yang dijual menyesuaikan dengan menu yang biasa diolah untuk Lebaran;
  2. Menu Lebaran antara lain rendang, teriyaki dan semur memerlukan spesifikasi daging yang bisa dikustomisasi;
  3. Kebiasaan orang Indonesia kalau masak daging harus benar-benar matang;
  4. Masih menurut Orang Indonesia, rasa akan lebih “sedap” dan “nyerep” bumbunya  jika dipanaskan secara berulang-ulang;
  5. Supaya daging tidak mudah hancur jika sudah matang dan dipanaskan secara berulang maka perlu jenis daging yang sesuai;
  6. Jenis daging yang sesuai dengan kebutuhan di atas haruslah memiliki kerapatan serat yang tinggi dan lemak selaput pembatas yang tipis, dan untuk semua alasan itu maka Jenis Potongan Knuckle dari area Paha belakanglah yang paling cocok.
Mengapa bukan Jenis Sirloin (Has Luar) dan Tenderloin (Has Dalam)?
 
Kalau jenis Sirloin dan Tenderloin tekstur dagingnya lebih lembut, sehingga akan lebih tepat untuk menu yang dibakar semacam steak. Kalau daging has direbus dalam waktu yang lama, maka lebih mudahmenjadi susut dagingnya. Kalau orang Asia timur dan western mereka menyukai konsumsi menu daging yang “setengah” matang atau bahkan mentah. Wajar jika gunakan daging has yang teksturnya lebih lembut. Belum lagi, dari satu ekor sapi, hanya bisa diambil 1,1 – 1,4 kg saja daging untuk jenis tenderloin, oleh karenanya harga steak lumayan dari segi kantong orang kebanyakan.
Lain dengan kita, sebagian besar orang Indonesia. Nasi yang sudah matang saja digoreng. Namanya nasi goreng he..he..he 😀
Pertanyaan berikutnya adalah daging yang dijual di pasaran kebanyakan produk Impor? atau Lokal?
Jawabannya adalah, bisa juga lokal dan juga import. Sebagai pengetahuan kita, untuk situasi sekarang, jenis sapi potong harian yang “merajai” Rumah Potong Hewan (RPH) di Jabodetabek umumnya adalah jenis  sapi BX (Brahmana Cross), Import hidup dari Australia. Kalau jenis sapi  lokalnya diambil dari Sapi Pedaging, yakni Sapi Bali. Tapi kemungkinannya kecil, karena “pemain” sapi Bali cenderung “menyimpan” sapi – sapi mereka untuk Stock Idul Qurban. Jadi, baik daging sapi yang dipotong malam ataupun daging yang frozen, jenis sapi nya sama saja.
Lalu yang paling ditunggu dan dicari adalah bagaimana dengan harga?
Estimasi Kenaikan Harga daging Sapi Ramadhan 2016
 
Melihat portofolio harga tahun kemarin (2015) di pasar tradisional, harga berkisar antara 130-140ribu per kg. Harga tersebut belum termasuk ongkos angkot ke pasar, beli jajan, dan lainnya. Sedangkan, harga daging di pasar tradisional saat tulisan ini dibuat untuk tukang baso, daging campur kisaran 107 ribu , untuk konsumen sekitar 112ribu per kg. Sementara harga daging di pasar Inpres Kebayoran sudah menembus 120rb per kg, dan biasanya menjelang Lebaran harga akan terus naik.
CATATAN: harga 112rb per kg itu untuk hajatan dengan pembelian minimal 20 kg.
Kenapa menjelang lebaran harga terus naik?
Alasan mendasar yang membuat harga dan kualitas kadang sulit diprediksi adalah masalah teknis, yakni perlunya waktu yang panjang untuk menyelesaikan proses pemotongan. Sebagaimana kita ketahui kalau jelang Idul fitri permintaan daging membludak, apalagi bila sudah mendekati Hari Raya (misal H-1 atau setidaknya H-2). Sedangkan Kapasitas potong sapi di RPH  terbatas. Sehingga mengenai penetapan harga, logikanya baru fiks keluar pada saat potong sapi di RPH. Itu yg jadi faktor utama , mengapa jelang Lebaran harga daging sapi “melangit” di pasar tradisional
Demikian tadi sekilas kuliah umum tentang perdagingan, hehe.
Terus mau apa?
CV. ERA JAYA yang saat ini pengelolaannya di bawah PT PIONIR PERSADA, ingin menawarkan solusi dalam rangka memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Fitri tahun 2016 ini. Solusinya adalah PRE ORDER.
:: OPEN PRE ORDER ::
PERMINTAAN PASAR yang terus ‘membludak’ tentunya jadi bikin harga Daging sapi jelang Lebaran kian ‘meledak’.
1,5 ton daging sapi insya Allah siap didistribusikan PT PIONIR PERSADA jelang perayaan Idul Fitri.
Harga yang kami tawarkan adalah Rp 120.000,- /Kg, dengan fitur:
  • Daging diambil dari area Paha Belakang
  • Jenis potongan knuckle (daging kelapa) / inside.
  • Daging dalam bentuk beku (Frozen)
  • Daging dikemas dengan satuan 1 Kg
  • Pembayaran Down Payment (DP) HANYA 30% dari harga (Rp 40.000,-),
  • Pelunasan dilakukan sebelum pengiriman.
  • Pembayaran via Transfer, tersedia Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BCA
  • Sudah termasuk ongkos kirim.
  • Pengiriman dilakukan serentak sekitar H-3 atau H-2 dari Idul Fitri (estimasi Stok Full H-10 sampai H-7)
  • Penawaran dan Layanan ini hanya untuk wilayah Jabodetabek.
Bagi yang berminat PRE ORDER, Silahkan kirimkan pesan via WhatsApp ke Nomor dibawah ini.
Ketik nama, alamat, Nomor HP yang bisa di hubungi via WhatsApp, dan berat daging yang dipesan (pisahkan dengan tanda pagar).
Kirim ke Nomor WhatsApp: 0812-802-9000-4
 
CONTOH:
Ruli Margianto#Jl. Wadassari 3 RT 05/02 No 184, Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang Selatan#085719838685#1Kg
DAFTAR pre order TUTUP tgl 26 Juni 2016 Pkl. 12.00.
(selama stok/kuota masih ada)
Buruan daftar !!! Kuota terbatas, Waktu Terbatas.
Pemesanan MINIMUM 1 Kg, berlaku kelipatan 1 Kg
 
KHUSUS: untuk keperluan Persiapan Puasa Ramadhan atau biasa dikenal Munggah Puasa (Meugang di daerah lain), keperluan Ifthor, dari PT PIONIR PERSADA juga siap melayani.

Tags:

Category: Info, Tips

About the Author ()

Bukan Manusia Setengah Dewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik Di Sini Untuk Join Komunitas Internet Marketing Terbaik